Pages

Thursday, September 6, 2018

Ustaz Abdul Somad Diintimidasi, Din Syamsuddin: Ini Cederai Ukhuwah

JAKARTA, iNews.id – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin prihatin dengan penolakan dakwah Ustaz Abdul Somad. Peristiwa semacam itu seharusnya tidak terjadi di negara yang menjunjung tinggi demokrasi.

Din menjelaskan, Indonesia sebagai negara Pancasila memiliki dan mengagungkan nilai ketuhanan serta nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. ”Di praktik-praktik itu, hemat saya tidak sesuai dengan prinsip keadaban," kata Din di Jakarta, Kamis, (6/9/2018).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini pun mengimbau kepada para pelaku untuk menghentikan aksi-aksi penolakan atau intimidasi terhadap dakwah. Jika pelakunya itu ternyata dari kalangan umat islam, menurut dia, hal ini sungguh mencederai ukhuwah islamiyah.

BACA JUGA: Pernyataan PBNU soal Penolakan Dakwah Ustaz Abdul Somad

Apalagi, kata Din, jika dilakukan oleh kelompok agama lain akan sangat berbahaya bagi kerukunan di Indonesia. "Bicaralah baik-baik, musyawarahkan lah baik-baik. Saya berharap ini tidak terjadi lagi," ujarnya.

Lewat akun Facebook dan Instagram, Ustaz Abdul Somad mengumumkan pembatalan tausiah di bebeberapa daerah seperti Grobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang, karena kerap mendapat ancaman dan intimidasi.

Akibat banyaknya penolakan itu pula Ustaz Somad membatalkan rencana ceramah dalam tiga bulan ke depan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Penolakan inilah yang disesalkan banyak kalangan.

Din meminta kepada Polri untuk mengambil langkah-langkah menjamin perlindungan terhadap seseorang. Menurut dia, siapa pun dari agama manapun yang menjalankan misi keagamaan telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Karena itu, kalau pun ada keberatan jangan sampai mubaligh-nya yang dikorbankan. "Ini tidak sehat dalam kehidupan kita ber-Pancasila di Indonesia ini," kata Din.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/239345/ustaz-abdul-somad-diintimidasi-din-syamsuddin-ini-cederai-ukhuwah

No comments:

Post a Comment