Pages

Thursday, June 13, 2019

Inilah Fakta Menarik Jelang Copa America 2019

INILAHCOM, Jakarta - Gelaran terakbar sepakbola benua Amerika, Copa America 2019, akan dimulai akhir pekan ini. Selain Brasil sebagai tuan rumah, berikut fakta menarik seputar Copa America 2019.

Copa America 2019 akan berlangsung pada 14 Juni-7 Juli 2019. Sebagai tuan rumah, Brasil sudah menyiapkan enam stadion bertaraf internasional yang juga pernah dipakai sebagai venue Piala Dunia 2014.

Sebanyak 12 negara, termasuk dua negara undangan dari Benua Asia yaitu Jepang dan Qatar akan memperebutkan supremasi tertinggi di wilayah dengan sebutan Conmebol ini.

Sejumlah pemain bintang yang akan berlaga membela negaranya di Copa America 2019 antara lain Lionel Messi (Argentina), Edinson Cavani (Uruguay), James Rodriguez (Kolombia), Arturo Vidal (Cile), Solomon Randon (Venezuela), dan Philipe Coutinho (Brasil).

Sayangnya, Tim Samba tak bisa memainkan bintang lainnya, Neymar, yang mengalami cedera saat beruji coba melawan Qatar. Sebagai pengganti pemain PSG itu, pelatih Tite memanggil gelandang serang Chelsea, Willian.

Berikut data dan fakta menarik lainnya seputar Copa America 2019

1. Copa America 2019 ini akan menjadi edisi terakhir yang akan dimainkan pada tahun ganjil. Mulai dari tahun 2020, turnamen akan diadakan di tahun yang sama dengan turnamen serupa seperti Piala Eropa.

2. Qatar akan melakoni debut mereka di Copa America. Mereka akan menjadi negara Arab pertama yang bermain di turnamen Amerika Selatan. Di sisi lain, Jepang akan membuat penampilan kedua mereka, yang pertama sejak tampil pertama kali pada tahun 1999.

3. Ini juga akan menjadi Copa America pertama yang tidak menampilkan tim dari CONCACAF (wilayah Amerika Utara). Meksiko yang telah muncul sejak 1993 tidak akan muncul untuk pertama kalinya tahun ini.

4. Tahun ini akan menandainya sebagai kali kelima Copa America akan diadakan di Brasil, dengan negara yang sebelumnya menjadi tuan rumah pada tahun 1989, yaitu 30 tahun yang lalu.

5. CONMEBOL pada awalnya berencana menjadikan edisi tahun ini dengan penampilan 16 tim dengan mengundang enam tim lain dari luar CONMEBOL. Mereka bahkan mengumumkan bahwa tiga tim dari CONCACAF dan tiga tim dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan diundang untuk berpartisipasi. Namun, mereka membatalkan keputusan itu.

6. Uruguay menjadi tim tersukses di Copa America karena mereka telah memenanginya sebanyak 15 kali. Tahun 2011 menjadi terakhir kali mereka meraih gelar ini.

7. Delapan dari sepuluh tim dari wilayah CONMEBOL telah memenangkan turnamen setidaknya satu kali sejak digelarnya ajang ini pada tahun 1916, dimana hanya Venezuela dan Ekuador yang belum pernah memenanginya.

8. Norberto Mendez dari Argentina dan Zizinho dari Brasil adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Copa America dengan 17 gol untuk masing-masing hingga saat ini.

9. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara non-CONMEBOL yang pernah menjadi tuan rumah ajang ini, yang diselenggarakannya pada 2016. Turnamen ini diadakan di beberapa negara Amerika Selatan pada tiga kesempatan (pada 1975, 1979, dan 1983). Argentina telah menjadi tuan rumah turnamen paling banyak.

10. Guillermo Stabile adalah pelatih terbanyak yang memenangi gelar ini yakni enam Copa America saat melatih Argentina.

Let's block ads! (Why?)

https://bola.inilah.com/read/detail/2530729/inilah-fakta-menarik-jelang-copa-america-2019

No comments:

Post a Comment