Pages

Thursday, June 13, 2019

Inilah Penopang Penguatan Minyak Brent hingga 3%

INILAHCOM, Dubai - Minyak mentah Brent melonjak lebih dari 3% pada hari Kamis (13/6/2019) di tengah laporan ledakan kapal tanker di Teluk Oman di dekat garis pantai Iran.

Pada jam-jam awal perdagangan Eropa, komoditas acuan naik sebanyak 4% sebelum memotong keuntungan di kemudian hari untuk diperdagangkan pada US$61,97 per barel.

Tanker Altair Depan dan Kokuka Berani telah mengalami kerusakan akibat kebakaran yang signifikan dan krunya telah dievakuasi, menurut beberapa agen pengiriman dan sumber penyewaan. Kokuka Courageous, sebuah kapal tanker kimia yang dimuat di Arab Saudi dan sedang dalam perjalanan ke Singapura, terbakar pada saat yang sama dengan Front Altair sebelum jam 6:00 pagi waktu setempat.

Penyebab kebakaran masih belum jelas, tetapi telah memicu kekhawatiran serangan dan datang hanya beberapa minggu setelah dugaan sabotase kapal di wilayah tersebut.

Seorang perwakilan untuk Manajemen Kapal BSM, manajer Kokuka yang berbasis di Singapura, mengatakan 21 awak telah meninggalkan kapal karena "insiden keamanan", yang merusak lambung kanan kapal. Mereka dengan cepat diselamatkan dari sekoci oleh kapal terdekat, menurut juru bicara perusahaan.

"Kokuka berani tetap berada di area itu dan tidak dalam bahaya tenggelam. Kargo metanol masih utuh," kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan seperti mengutip cnbc.com.

Kapal itu kira-kira 14 mil laut di lepas pantai Iran dan 70 mil laut dari pantai Fujairah Uni Emirat Arab, yang merupakan tempat dugaan serangan sabotase terhadap empat kapal tanker pada pertengahan Mei yang oleh pihak berwenang AS menyalahkan Iran. Iran membantah terlibat.

Ketika empat kapal tanker mengalami kerusakan dalam serangan 12 Mei - dua milik Saudi, satu dari UEA dan satu dari Norwegia - kru tidak harus meninggalkan kapal, menunjukkan bahwa serangan hari ini jauh lebih serius.

Operasi Pelabuhan Fujeirah adalah normal, menurut Platts Global Alert mengutip sumber pengiriman.

Front Altair, yang disewa oleh CPC Corp milik negara Taiwan, dijadwalkan untuk membawa muatan naptha, bahan baku petrokimia, dari Teluk Persia ke Jepang, kata Platts. Pemiliknya, Frontline, tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Tidak ada kapal yang berada di bawah piagam Saudi, dan Front Altair dan Kokuka Keberanian masing-masing membawa bendera Kepulauan Marshall.

Operasi Perdagangan Maritim Britania Raya, sebuah divisi dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, mengatakan saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut dan telah mendesak "kehati-hatian ekstrem" di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS.

Media pemerintah Iran telah melaporkan bahwa dua tanker minyak menjadi sasaran ledakan, tanpa memberikan bukti.

CNBC telah menghubungi otoritas maritim untuk rincian lebih lanjut.

Seorang juru bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS di Bahrain mengatakan kepada Associated Press bahwa komandonya "mengetahui" insiden itu dan sedang mencari perincian lebih lanjut. "Kapal-kapal Angkatan Laut AS, berada di daerah itu dan "memberikan bantuan" setelah pasukan di kawasan itu menerima dua panggilan marabahaya terpisah," kata Armada Kelima.

Let's block ads! (Why?)

https://pasarmodal.inilah.com/read/detail/2530721/inilah-penopang-penguatan-minyak-brent-hingga-3

No comments:

Post a Comment