Pages

Monday, June 17, 2019

Tantangan Capim KPK 2019 Tata Kelola Internal

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan KPK, Indriyanto Senoadji mengatakan calon Komisioner KPK periode 2019-2023 memiliki tantangan untuk menata internal.

"Kalau menurut saya, salah satu tantangan yang ke depan itu juga bagaimana tata kelola manajerial skill di dalam," kata Indriyanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/6/2019).

Memang, kata dia, penindakan terhadap tindak pidana korupsi tetap menjadi penekanan. Namun, calon Pimpinan KPK kedepan juga harus memahami manajerial skill dalam membangun sistem pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Bukan hanya sekedar penindakan hukumnya saja, bisa dari ekonom dan sebagainya," ujar mantan Pimpinan KPK ini.

Menurut dia, calon Pimpinan KPK harus paham manajerial skill karena menghindari jangan sampai konflik antara lembaga anti rasuah terjadi lagi dengan institusi Polri akibat persoalan internal.

"Sekarang bisa dilihat kan ada stigma-stigma di dalam kelembagaan itu sendiri. Itu harus menjadi tantangan dan jawaban dari para calon pimpinan," jelas dia.

Ia menambahkan kalau tantangan KPK keluar mungkin sudah terbiasa, misalnya seperti melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dan lain-lainnya. Akan tetapi, sekarang tantangannya justru dari dalam.

"Bagaimana melakukan tata kelola yang baik di dalam sistem manajerial di internalnya," tandasnya. [ton]

Let's block ads! (Why?)

https://nasional.inilah.com/read/detail/2531334/tantangan-capim-kpk-2019-tata-kelola-internal

No comments:

Post a Comment