Pages

Wednesday, August 15, 2018

Ini Upaya Tingkatkan Indeks Kebahagiaan di Papua

INILAHCOM,Jakarta - Sebuah survey indeks kebahagiaan oleh BPS juga menunjukkan bahwa Papua adalah salah satu daerah yang indeks kebahagiaannya paling rendah di Indonesia.

Kemudian, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), 27,74 persen penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, dan 63.770 orang Papua menganggur. Hal tersebut karena mengingat kondisi yang menantang dalam sejumlah aspek mendasar kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, pendapatan, kondisi rumah, dan keselamatan.

Selanjutnya, menurut survei Literasi dan Inklusi keuangan oleh OJK pada tahun 2016 juga mencatat bahwa pengetahuan mengenai keuangan untuk hampir keseluruhan Indonesia Timur lebih rendah dibandingkan wilayah-wilayah lain. Papua Barat menduduki peringkat terendah di 19.27 persen dan Papua 22.18 persen.

Karena itu, dibutuhkan program - program yang dapat mengatasi masalah tersebut agar indeks kebahagiaan di Papua lebih meningkat. Salah satunya adalah, seperti yang akan dilakukan oleh Prudential Indonesia untuk memberikan pendidikan kepada anak - anak kaum muda agar bisa melakukan kegiatan kewirausahaan di daerahnya.

"Kemitraan strategis dengan tujuan yang sama sangat penting dalam memaksimalkan pelaksanaan program-program yang berdampak sosial. Prudential Indonesia senang dapat bermitra kembali dengan Prestasi Junior Indonesia, kali ini untuk melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur yang akan fokus pada entrepreneurship atau kewirausahaan sebagai program unggulan," kata Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, pihaknya akan melihat dan menilai langsung ke lapangan untuk memastikan area-area dimana dan kelompok masyarakat mana yang akan menjadi wilayah target dan penerima manfaat pembelajaran selama tiga tahun ke depan.

Perlu diketahui, pada akhir tahun 2017, melakukan pertama kali menanamkan benih program tanggung jawab sosial di Indonesia Timur, melalui kegiatan Child-Friendly School yang bertujuan meningkatkan pengalaman belajar bagi anak-anak di Kabupaten Jayapura, Papua.

Prudential Indonesia membangun sebuah perpustakaan di SD Komba Inpres dan merenovasi SD YPK Ifar Babrongko. Dengan menggunakan metode Pembelajaran Aktif, Menyenangkan dan Efektif (AJEL), kemudian juga melakukan pelatihan literasi keuangan kepada 27 guru dan 8 sekolah dasar di seluruh Jayapura. (tka)

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2474312/ini-upaya-tingkatkan-indeks-kebahagiaan-di-papua

No comments:

Post a Comment