Pages

Wednesday, August 22, 2018

Pemerintah Malaysia Masih Memburu Perangkat Radioaktif yang Hilang

KUALA LUMPUR, iNews.id - Pemerintah Malaysia masih terus memburu perangkat radioaktif yang lenyap pada awal Agustus dari sebuah truk bak terbuka.

Pihak berwenang mengatakan, zat radioaktif di dalam perangkat radiografi itu dapat menyebarkan kontaminasi berbahaya jika dibongkar dengan tidak semestinya.

Muncul juga kekhawatiran bahwa jika jatuh ke tangan yang salah, benda itu bisa digunakan sebagai bagian dari senjata yang dikenal sebagai bom kotor.

Pihak berwenang mengonfirmasi hilangnya perangkat itu.

"Semuanya masih terkontrol," demikian pernyataan pihak kepolisian.

Baca Juga: Alat Radioaktif Hilang di Malaysia, Polisi Sebut Tak Terkait Terorisme

Benda itu biasanya digunakan dalam radiografi industri. Pemiliknya adalah perusahaan yang melakukan tes, kalibrasi, dan inspeksi untuk perusahaan minyak dan gas dan perusahaan industri berat lainnya.

Tabung logam besar seberat 23 kilogram itu dilaporkan sering digunakan untuk melihat retakan pada logam.

Benda itu berisi isotop radioaktif iridium-192 yang dapat menyebabkan paparan radiasi, namun juga bisa digunakan sebagai senjata jika dikombinasikan dengan alat peledak konvensional.

Menurut Badan Energi Atom Internasional, iridium-192 dapat menyebabkan cedera permanen jika penangannya dilakukan beberapa menit hingga beberapa jam setelah terpapar, dan dapat berakibat fatal jika berada di dekatnya selama berjam-jam atau berhari-hari.

Baca juga: Fokus Bayar Utang, Mahathir Batalkan 3 Mega Proyek China di Malaysia

Dilaporkan Bernama, Rabu (22/8/2018), Inspektur Jenderal Polisi Mohamad Fuzi Harun mengatakan insiden serupa terjadi pada Oktober 2017. Hingga saat ini belum ada informasi mengenai alat yang hilang tersebut.

Polisi dan media sudah mengungkapkan rincian bagaimana perangkat itu dibawa di bagian belakang sebuah truk di Kuala Lumpur.

Perangkat itu sebelumnya digunakan di sebuah lokasi di pinggiran kota dan kemudian dibawa ke lokasi lain. Namun setelah tiba di lokasi, pengemudi melihat bahwa perangkat itu sudah hilang.

Sopir dan asistennya diinterogasi namun sudah dibebaskan. Ada spekulasi bahwa perangkat itu mungkin dicuri atau jatuh dari mobil saat melaju.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/222325/pemerintah-malaysia-masih-memburu-perangkat-radioaktif-yang-hilang

No comments:

Post a Comment