Pages

Tuesday, September 18, 2018

Cara Tepat Atasi Anak Ketika Terkena Diare

INILAHCOM, Jakarta - Ada tatalaksana yang tepat untuk mengatasi anak ketika terkena penyakit diare.

Penyakit diare memang kerap terkena kepada anak balita. Terutama anak usia di bawah dua tahun. Hal ini karena sistem pencernaan anak belum terbentuk sempurna.

"Pemberian oralit. Kemudian, berikan obat Zinc selama sepuluh hari. Selanjutnya, memberikan ASI (Air Susu Ibu) dan makan sesuai dengan usia," papar Sedya Dwisangka, Subdit Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (18/09/2018).

Masih menurutnya, terkadang masyarakat langsung meminta obat antibiotik untuk mengatasi masalah penyakit ini. Padahal, ini tidak perlu. Saat diare, oralit dan zinc yang paling diperlukan untuk anak.

"Antibiotik diberikan jika terdapat kondisi tertentu. Tetapi, masyarakat ketika berobat, banyak juga yang sering meminta antibiotik agar cepat sembuh. Padahal, hal ini ini tidak diperlukan," tambah Sedya.

Pemberian oralit akan berpengaruh lebih baik ketika anak mengalami diare. Pada penggunaan oralit ini akan menjadikan pengurangan kadar glukosa dan garam perpendek durasi diare.

"Oralit osmoralitas rendah keluaran: terapi IV turun 33 persen. Pengeluaran tinja menurun 20 persen. Muntah juga turun 30 persen," paparnya.(tka)

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2480674/cara-tepat-atasi-anak-ketika-terkena-diare

No comments:

Post a Comment