Pages

Saturday, September 8, 2018

Kim Jong Un Kirim Surat Lagi, Ini Harapan Trump

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali menuliskan surat untuknya. Dia berharap surat itu berisi hal yang positif, merujuk pada denuklirisasi Korut.

"Saya tahu ada surat yang dikirimkan kepada saya, sebuah surat pribadi dari Kim Jong Un kepada saya," ujarnya, saat berada di Air Force One, seperti dilaporkan AFP, Sabtu (8/9/2018).

Baca Juga: Donald Trump Pamer Surat dari Kim Jong Un

"Itu diserahkan di perbatasan kemarin. Ini sebenarnya cara yang elegan dan saya pikir itu akan menjadi surat positif," sambungnya.

Trump menyebut surat itu diterima oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo. Surat itu diharapkan berisi

"Surat itu dikirimkan kepada saya. Saya pikir itu dibawa oleh Mike Pompeo. Itu merupakan pernyataan yang sangat positif, apa yang dia katakan tentang saya. Belum pernah ada pernyataan yang lebih positif," kata Trump.

Baca juga: Ini Isi Surat yang Membuat Trump Batalkan Kunjungan Menlu ke Korut

Dia juga memuji kemajuan yang dibuat Korut sejak pertemuan bersejarahnya denga Kim pada Juni di Singapura.

"Sandera kami dipulangkan. Saya sudah mengatakannya ratusan kali, tidak ada rudal, tidak ada roket, tidak ada uji coba nuklir. Ada beberapa retorika, mari kita lihat apa yang terjadi."

Baca Juga: Donald Trump Batalkan Pertemuan dengan Kim Jong Un, Ini Isi Suratnya

Pada akhir pertemuan bersejarah Trump-Kim pada Juni lalu, kedua belah pihak mengeluarkan pernyataan bersama, di mana mereka setuju meningkatkan hubungan bilateral dan bekerja sama membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

Namun, perundingan Korut-AS saat ini mengalami kebuntuan karena perbedaan terkait skala denuklirisasi serta sanksi AS.

Baca Juga: Jenderal Korut Serahkan Surat dari Kim Jong Un ke Donald Trump

Kepada utusan Korea Selatan (Korsel) pada Rabu (5/9/2018), Kim mengatakan dengan tegas mendukung dan berupaya maksimal untuk menghapuskan bahaya konflik di Semenanjung Korea, serta mengubahnya menjadi tempat perdamaian tanpa senjata nuklir dan bebas dari ancaman nuklir.

Baca Juga: Ditengahi Korsel, Donald Trump dan Kim Jong Un Baikan

Sebagai tanggapan, keesokan harinya Trump dalam cuitannya mengucapkan terima kasih kepada Kim atas pernyataan tersebut dan menekankan akan menyelesaikannya bersama-sama, terkait denuklirisasi Semenanjung Korea.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/240953/kim-jong-un-kirim-surat-lagi-ini-harapan-trump

No comments:

Post a Comment