Pages

Tuesday, September 11, 2018

Mengenal Pasar Dongdaemun, 'Tanah Abang'-nya Seoul

SEOUL, iNews.id - Pasar Dongdaemun merupakan salah satu pasar terbesar di Korea Selatan yang fokus menjual barang-barang dalam skala besar (grosir), terutama pakaian.

Semalam, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diajak blusukan oleh Presiden Korsel, Moon Jae-in ke pasar yang terkenal di seantero Seoul itu. Jokowi berkeliling sekitar 45 menit sekaligus mengaku kagum dengan pusat perbelanjaan yang besar tersebut.

BACA JUGA:

Jokowi Diajak Presiden Korsel Blusukan ke 'Tanah Abang'-nya Seoul

Dikutip dari Visit Korea, Selasa (11/9/2018), Dongdaemun merupakan pasar tradisional yang dikelilingi lebih dari 20 mal. Berdiri sejak Juli 1905, pemerintah menetapkan area tersebut sebagai "Special Tourism Zone" sejak 2002 karena menjadi destinasi favorit belanja bagi masyarakat, termasuk turis asing.

Meski usianya lebih muda dibanding Pasar Tanah Abang yang berdiri pada 1735, area ini jauh lebih besar daripada pasar yang berada di Kelurahan Kebon Kacang itu. Kendati demikian, pasar Dongdaemun menyediakan produk tekstil dengan harga miring, sama seperti Pasar Tanah Abang.

Kompleks perbelanjaan Dongdaemun dibagi menjadi tiga area. Area pertama khusus toko-toko ritel meski ada juga yang menjual grosir. Ada beberapa mal di kawasan ini yatu Doosan Tower, Migliore, Freya Town, dan Hello apM.

Area yang dibuka dari jam 10:00 pagi hingga jam 5:00 dini hari ini menyasar pelanggan umum dan turis. Oleh karena itu, di sini ada money changer dan pusat informasi berbahasa Inggris.
Sejumlah acara juga digelar di mal-mal antara pukul 7-8 malam.

Area kedua dikhususkan untuk toko grosir. Lokasinya berada di seberang area pertama. Area ini terbagi menjadi dua yang dibatasi Flyover Cheonggyecheonno. Kawasan ini dekat dengan Gerbang Timur Dongdaemun. Sejumlah mal yang ada di area ini antara lain Designer's Club, Migliore Valley, dan Nuzzon.

Area ini dibuka pukul 20:00 sore dan tutup antara jam 08:00 pagi atau jam 17:00 sore. Puncak orang berbelanja biasanya terjadi pada tengah malam hingga menjelang pagi. Ini karena banyak pembeli grosir di area tersebut.

Area ketiga disebut Sporting Goods karena banyak berjualan produk-produk olahraga. Hal ini karena di area ini ada dua stadion besar yaitu untuk sepak bola dan untuk baseball.

Di Pasar Dongdaemun ada sekitar 30 ribu toko dan 50 ribu merek barang yang dijual. Banyak toko di sini yang buka 24 jam meskipun biasanya tutup pada hari Minggu atau libur nasional.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/read/243545/mengenal-pasar-dongdaemun-tanah-abang-nya-seoul

No comments:

Post a Comment