Pages

Friday, September 7, 2018

Pertama Kali di Mesir, Perempuan Kristen Ditunjuk Jadi Gubernur

KAIRO, iNews.id - Seorang perempuan Kristen Koptik untuk pertama kalinya ditunjuk Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi sebagai gubernur. Dia diambil sumpah bersama beberapa gubernur baru hasil perombakan atau reshuffle.

Perempuan bernama Manal Awad Mikhail ditunjuk sebagai Gubernur Provinsi Damietta. Dilaporkan Al Arabiya, Jumat (7/9/2018), Manal sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Giza.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan Presiden Sisi pada di Kairo pada pekan lalu.

Reshuffle yang dilakukan Presiden Sisi termasuk gubernur untuk Kairo, Giza, Luxor, Aswan, dan Sinai Utara.

Ini bukan pertama kalinya perempuan ditunjuk sebagai gubernur di Mesir. Tahun lalu, Sisi juga menunjuk seorang perempuan menjadi gubernur Provinsi Beheira dalam sebuah perombakan.

Namun, penunjukan perempuan Kristen sebagai gubernur baru pertama kali terjadi di negara tersebut.

Populasi umat ​​Kristen di Mesir sekitar 10 persen dari total populasi yang mencapai 100 juta. Mayoritas penduduk Mesir masih didominasi umat Muslim.

Komunitas Kristen Mesir memberikan dukungan untuk Presiden Sisi yang sebelumnya merupakan Panglima Militer yang memimpin kudeta Presiden Mohamed Morsi.

Morsi merupakan presiden yang didukung faksi Ikhwanul Muslimin yang kini dinyatakan sebagai organisasi terlarang di negara tersebut.

Saat ini Kabinet Mesir juga berisi delapan menteri perempuan. Jumlah keterlibatan perempuan dalam pemerintahan ini merupakan sejarah baru bagi Mesir.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/239853/pertama-kali-di-mesir-perempuan-kristen-ditunjuk-jadi-gubernur

No comments:

Post a Comment