Pages

Friday, August 31, 2018

Erdogan Tegaskan Turki Tetap Butuh Rudal S-400 Rusia dan Jet F-35 AS

ANKARA, iNews.id - Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan Turki tetap membutuhkan rudal darat-udara buatan Rusia S-400 untuk memperkuat sistem pertahanan udara.

Saat menyampaikan pidato di acara kelulusan perwira militer, Jumat (31/8/2018), Erdogan yakin Turki segera mendapatkan rudal S-400 dalam waktu dekat.

Baca Juga: Turki Beli Rudal Rusia S-400 Senilai Rp33,3 Triliun

Sikap ngotot Erdogan untuk membeli S-400 ini memicu kemarahan Amerika Serikat (AS). Sebagai sesama sekutu di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), AS memandang Turki tidak sepatutunya menggunakan senjata buatan Rusia.

Selain itu, AS menilai penggunaan S-400 mengundang risiko terhadap keamanan beberapa persenjataan dan teknologi buatan negara itu yang saat ini digunakan Turki, termasuk pesawat tempur F-35.

Namun Erdogan menegaskan Turki akan tetap berusaha mendapatkan F-35 dari AS. Turki tengah menyiapkan dana untuk membelinya dari AS.

Baca Juga: AS Tawarkan Turki Rudal Patriot sebagai Alternatif S-400 Buatan Rusia

Hanya saja, Erdogan menyiapkan rencana lain jika AS tak mau melepas jet tempurnya. Erdogan akan mencari pesawat tempur buatan negara lain.

Hubungan Turki dan AS memburuk terkait penahanan pendeta Protestan, Andrew Brunson. Pemerintahan Presiden Donald Trump mendesak Turki segera membebaskan Brunson yang ditahan sejak dua tahun lalu terkait tuduhan bersekongkol dengan pemberontak Kurdi serta aktor kudeta Fethullah Gulen.

Baca Juga: Pengadilan Turki Tolak Banding untuk Bebaskan Pendeta AS Brunson

Namun Turki bersikeras tak akan membebaskan Brunson. Sidang lanjutannya akan digelar Oktober mendatang. Jika terbukti bersalah, Brunso akan dipenjara selama 35 tahun.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/232421/erdogan-tegaskan-turki-tetap-butuh-rudal-s-400-rusia-dan-jet-f-35-as

No comments:

Post a Comment