Pages

Wednesday, August 22, 2018

Masuki Tahun Politik, Pegawai Kemenkeu Diminta Tetap Netral

JAKARTA, iNews.id - Tahun depan Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres). Selama masa kampanye, setiap orang tentu mengelu-elukan calon presiden dan wakil presiden yang akan dipilih.

Untuk itu, Sekertaris Jenderal Hadiyanto mengatakan, setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) wajib bersikap netral tanpa unsur keberpihakan politik dalam menjalankan pekerjaannya. Termasuk juga pegawai Kemenkeu untuk tetap bekerja profesional sesuai dengan imbauan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Ibu menteri memberikan arahan untuk kita tetap bekerja profesional, tetap netral, tidak berpengaruh oleh dinamika politik, terus bekerja dengan baik," ujarnya di Masjid Salahuddin DJP, Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Kendati demikian menurut dia, PNS memang sudah seharusnya bersikap netral dan bebas dari kepentingan politik. Pasalnya, PNS mengemban amanah sebagai perwakilan masyarakat untuk mengatur kehidupan negara dengan sebaik-baiknya.

"Kan arahan pertama secara normatif ASN itu harus netral, sehingga itu sudah melekat pada diri kami sebagai ASN bertindak netral," kata dia.

Sementara itu Menteri Sri Mulyani dipastikan tidak akan bergabung dalam tim pemenangan Joko Widodo dan Maruf Amin dalam Pilpres 2019. Ia mengaku akan fokus pada tugasnya sebagai Menteri Keuangan, terutama dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Dari sisi perekonomian, saya selama ini menyampaikan saya fokus mengelola keuangan negara, menurut saya situasi membutuhkan perhatian penuh," kata Menkeu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dengan begitu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memastikan tidak akan masuk dalam timses Jokowi-Maruf. Saat disinggung soal asal muasal namanya masuk dalam timses, dia menolak untuk membahasnya, termasuk apakah Koalisi Indonesia Kerja (KIK) berkomunikasi terlebih dahulu kepadanya.

“Pokoknya saya mengatakan, akan fokus ke APBN,” ucapnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/read/222269/masuki-tahun-politik-pegawai-kemenkeu-diminta-tetap-netral

No comments:

Post a Comment