Pages

Tuesday, August 14, 2018

Menteri Norwegia Mundur karena Liburan dengan Pacar ke Iran Tanpa Izin


OSLO, iNews.id - Menteri Perikanan Norwegia Per Sandberg (58) mengundurkan diri setelah berlibur ke Iran bersama kekasihnya, Bahareh Letnes.

Tindakan Sandberg itu menyalahi aturan negara dan berpotensi mengganggu keamanan, meskipun kekasihnya yang masih berusia 28 tahun itu kelahiran Iran.

Sandberg mengakui berlibur ke Iran bersama Letnes tanpa memberi tahu Perdana Menteri Erna Solberg. Dia juga membawa fasilitas telepon dinas dalam perjalanan itu.

Kepergian Sandberg pada bulan lalu juga memunculkan kecurigaan, dia bisa saja bergubungan dengan mata-mata Iran. Kasus ini mungkin tak akan berlarut-larut jika Sandberg tak membawa telepon dinas ke Iran.

PM Solberg mengatakan, dia sudah memerintahkan Sandberg menyerahkan teleponnya ke polisi untuk pengecekan. Selain mundur sebagai menteri, Sandberg juga melepas jabatannya dari wakil ketua Progress Party.

"Per sudah meminta mengundurkan diri dan saya kira itu keputusan yang tepat," kata Solberg, dikutip dari AFP, Selasa (14/8/2018).

Sementara itu Letnes merupakan mantan ratu kecantikan yang sekarang mengelola bisnis ekspor ikan. Dia sudah mendapat kewarganegaraan Norwegia dan menolak dikaitkan atau punya hubungan dengan pemerintahan Iran.

Namun setelah kejadian ini, intelijen Norwegia akan menyelidiki aktivitas Letnes.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/213921/menteri-norwegia-mundur-karena-liburan-dengan-pacar-ke-iran-tanpa-izin

No comments:

Post a Comment