Pages

Wednesday, August 29, 2018

Picu Keributan, Patung Emas Erdogan di Wiesbaden Jerman Disingkirkan

BERLIN, iNews.id - Patung emas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Wiesbaden, Jerman, menyulut pertengkaran antara kubu pendukung dan penentangnya. Polisi akhirnya menyingkirkan patung tersebut.

Pada Rabu (29/8/2018) pagi waktu setempat, kepolisian Wiesbaden menyatakan patung itu terpaksa disingkirkan karena bisa menyulut pertengekaran keras.

Baca Juga: Di Tengah Ancaman Resesi, Erdogan Minta Rakyat Turki Bersatu

Patung Erdogan berwarna emas setinggi 4 meter tiba-tiba saja dipajang di tengah Kota Wiesbaden pada Senin (27/8/2018). Awalnya, patung itu membingungkan warga yang lewat, karena tidak jelas siapa pemasangnya.

Patung emas Erdogan di Wiesbaden memicu pertikaian. (Foto: DPA)

Patung besar itu menggambarkan Erdogan dengan pose lengan kanan terangkat, mengingatkan pada patung terkenal dari mantan diktator Irak, Saddam Hussein. Tak berapa lama, patung itu kemudian dipenuhi corat-coret grafiti yang mengecam Erdogan.

Baca juga: Presiden Erdogan: Mereka yang Berpikir Kami Akan Menyerah, Salah

Pada Selasa (28/8/2018) malam, para pendukung Erdogan menggalang protes di sekitar patung, ditandingi oleh para penentang penguasa Turki itu, terutama warga Kurdi. Sempat terjadi pertengkaran sengit antara kedua kubu, namun bisa dilerai polisi.

Pemerintah lokal dan polisi akhirnya menegaskan keamanan tidak dapat dijamin lagi sehingga patung itu harus disingkirkan.

"Suasanya sangat agresif," kata juru bicara kepolisian, seperti dilaporkan Deutsche Welle.

Baca Juga: Presiden Erdogan ke Trump: Turki Akan Berdiri Tegak Hadapi Sanksi AS

Pada Rabu pagi, satuan pemadam kebakaran ditugaskan untuk menyingkirkan patung besar itu.

Banyak warga yang kaget dan bertanya-tanya saat patung itu berdiri di Wiesbaden. (Foto: DPA)

Ternyata, patung raksasa Erdogan itu merupakan sebuah seni instalasi, bagian dari Festival Seni Wiesbaden Biennale. Namun patung itu dipasang tanpa sepengetahuan pejabat kota, seperti dikutip dari juru bicara Pemerintah Wiesbaden.

Wiesbaden Biennale tahun ini memang digelar dengan tema, "Kabar Buruk".

Baca Juga: Nilai Tukar Lira Anjlok, Turis Asing Banjiri Toko-Toko Mewah di Turki

"Kami menerima banyak telpon dari warga yang bingung, jadi orang tidak tahu jelas bahwa itu merupakan bagian dari Biennale," demikian pernyataan panitia festival.

Patung emas Erdogan saat terliaht dari dekat. (Foto: DPA)

Harian lokal Wiesbadener Kurier melaporkan, pemerintah kota memang mengizinkan pemasangan patung. Namun mereka tidak tahu patung itu akan berwujud Erdogan.

Baca Juga: Erdogan Sebut Ada Skenario Politik di Balik Anjloknya Lira

Patung itu sendiri menjadi kebanggan bagi sebagian warga Turki. Mereka berfoto di depan patung emas itu.

Sebaliknya, banyak warga Jerman dan Kurdi yang marah dan menentang patung itu, karena beranggapan Erdogan memerintah dengan otoriter. Padahal, Erdogan dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jerman pada September mendatang.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/230113/picu-keributan-patung-emas-erdogan-di-wiesbaden-jerman-disingkirkan

No comments:

Post a Comment