Pages

Wednesday, July 24, 2019

Anak Generasi Alfa Banyak Terpapar Gawai

INILAHCOM, Jakarta - Setiap minggunya, lebih dari 2,5 juta generasi alfa lahir. Diperkirakan jumlah mereka akan mencapai 2 juta di tahun 2025.

Anak-anak generasi alfa adalah anak yang terlahir antara tahun 2010 hingga 2024. Artinya usia tertua anak generasi alfa saat ini masih 9 tahun.

Menurut Mark McCrindle, seorang peneliti sosial, anak-anak generasi alfa merupakan generasi milenial yang sesungguhnya karena mereka semua terlahir di abad ke-21.

Mark mendefinisikan bahwa generasi alfa merupakan generasi yang paling banyak mengenyam pendidikan formal.

Sedangkan psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi. menyatakan, karakteristik utama generasi alfa adalah lahir di era teknologi digital.

"Jadi mereka terlahir langsung terpapar teknologi dan tidak terperangah lagi dengan kecanggihan smartphone, augmented reality (AR), virtual reality, dan lain-lain. Kecanggihan teknologi dianggap sebagai bagian sehari-hari," katanya seperti yang dikutip dari siaran pers dari GueSehat, Jakarta, Rabu, (24/07/2019).

Pola Pengasuhan Anak Generasi Alfa bisa terlihat. Orangtua anak generasi alfa kebanyakan berasal dari generasi Y atau generasi milenial.

Mereka pun sudah sangat familiar dengan teknologi. Otomatis mereka lebih mudah mencari informasi seputar pola asuh maupun tumbuh kembang anak.

Guesehat melakukan survei tentang pola asuh orang tua yang memiliki anak usia 0-9 tahun dari seluruh Indonesia. Ada 411 Ibu yang berpartisipasi.

Dapat ditebak bahwa sebagian besar 65,7 persen Ibu mengaku mendapatkan informasi seputar pola asuh dan tumbuh kembang anak melalui media dan internet. Selebihnya 22,1 persen dari keluarga, serta 5,1 persen dari dokter anak. (tka)

Let's block ads! (Why?)

https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2537528/anak-generasi-alfa-banyak-terpapar-gawai

No comments:

Post a Comment