Pages

Thursday, August 16, 2018

Banyak Pengurus Pergi Haji, MUI Belum Bahas Posisi Ketum Ma'ruf Amin

JAKARTA, iNews.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum memutuskan nasib jabatan ketua umum yang dijabat Ma'ruf Amin di lembaga keagamaan tersebut. Sesuai ketentuan dalam Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PD/PRT) MUI, Ma’ruf semestinya melepaskan jabatan tersebut karena sudah memutuskan maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2019.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, sampai saat ini lembaganya belum menggelar rapat untuk membahas tindak lanjut dari posisi Ma'ruf Amin di MUI. Dia beralasan pembahasan belum bisa dilakukan lantaran masih terbentur dengan agenda ibadah haji tahun ini.

“Belum, belum dibahas. Ini kebetulan banyak pengurus yang berangkat haji. Jadi kami belum bisa menyelenggarakan rapat untuk (posisi ketua umum) itu,” kata Zainut di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Dia memastikan MUI akan segera membahas posisi Ma’ruf setelah para pengurus yang berangkat haji tahun ini kembali ke Tanah Air. Zainut menegaskan, pembahasan nanti akan mengacu pada aturan yang dituangkan dalam PD/PRT MUI.

“Ya pasti kami akan membahas, itu kan bagian dari konsekuensi. Kami akan melihat kembali aturan yang ada di dalam PD/PRT,” ucapnya.

Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (9/8/2018) lalu mendeklarasikan diri untuk maju kembali sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2019. Kandidat petahana itu menunjuk Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya.

Pasangan Jokowi–Ma’ruf mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (10/8/2018). Namun, setelah mendaftar menjadi bakal cawapres pekan lalu, Ma’ruf belum juga mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan ketua umum MUI.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/216909/banyak-pengurus-pergi-haji-mui-belum-bahas-posisi-ketum-ma-ruf-amin

No comments:

Post a Comment