Pages

Wednesday, August 15, 2018

India Berambisi Jadi Negara Ke-4 Kirim Misi Manusia ke Luar Angkasa

NEW DELHI, iNews.id - India, untuk pertama kalinya, akan mengirim misi manusia ke luar angkasa pada 2022 menggunakan pesawat sendiri. Hal itu disampaikan Perdana Menteri Narendra Modi saat menyampaikan pidato peringatan hari kemerdekaan negara itu, Rabu (15/8/2018).

Seorang pria India, Rakesh Sharma, pernah menjalankan misi ke luar angkasa pada 1984. Namun saat itu dia berangkat menggunakan roket Uni Soviet.

"India akan mengirim seorang laki-laki atau perempuan ke luar angkasa pada 2022. Sebelum itu jika memungkinkan. (Astronot) Akan membawa bendera nasional," kata Modi, dalam pidatonya di Red Front, New Delhi, dikutip dari South China Morning Post.

Menurut Modi, jika misi itu terlaksana, India akan menjadi negara keempat di dunia yang mengirim pesawat berawak ke luar angkasa, setelah Rusia, Amerika Serikat (AS), dan China.

Bersaing dengan China, India sudah mengembangkan program luar angkasa selama puluhan tahun. Sementara Rusia dan AS sudah jauh lebih dulu mengirim manusia ke luar angkasa.

Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India menyatakan, sebelum misi pengiriman manusia, India lebih dulu akan mengirim pesawat tak berawak ke bulan pada Januari 2019.

Pesawat bernama Chandrayaan-2 akan melakukan misi mengirim kendaraan ke daratan bulan untuk mengumpulkan data. Sedianya pesawat akan berangkat tahun ini. Namun karena ada perubahan desain pada pesawat, peluncurannya ditunda hingga 2019.

India sudah mengirim beberapa pesawat tak berawak sebelumnya. Chandrayaan-1 diluncuran pada 2008 ke bulan, namun pesawat melakukan hard landing.

India juga meluncurkan pesawat ke Mars pada 2013 yang masih beroperasi sampai saat ini. Lalu pada 2017 India melepas 104 satelit sekaligus dalam satu kali peluncuran.

NaPada 1984, Rakesh Sharma adalah orang India pertama yang melakukan perjalanan di luar angkasa dengan roket Soviet.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/215133/india-berambisi-jadi-negara-ke-4-kirim-misi-manusia-ke-luar-angkasa

No comments:

Post a Comment