Pages

Wednesday, August 29, 2018

Pembangunan Sky Bridge Tanah Abang Diprediksi Rampung Sesuai Jadwal

JAKARTA, iNews.id – Pembangunan Sky Bridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat ini sudah memasuki pekan ketiga. Rangkaian kerangka baja jembatan pun telah terpasang di Jalan Raya Jatibaru, Tanah Abang.

Sebagai pemegang proyek, PD Pembangunan Sarana Jaya sudah memulai pengerjaan dan sosialisasi JPM pada 3 Agustus lalu. Waktu pelaksanaan proyek dibagi menjadi dua shift kerja, yakni pukul 04.00-19.00 WIB untuk shift siang, dan pukul 19.00-04.00 WIB untuk shift malam.

PD Pembangunan Sarana Jaya meyakini tingkat kemajuan pembangunan JPM Tanah Abang akan selesai sesuai yang dijadwalkan. Pasalnya, sejumlah fondasi tiang baja mulai nampak di sepanjang Jalan Jatibaru. Pembangunan jembatan yang menghubungkan Stasiun Tanah Abang dengan Pasar Blok G itu ditargetkan selesai pada Oktober 2018.

“Kalau melihat kondisi sekarang, semoga sesuai dengan target, 15 Oktober 2018 JPM ini sudah dapat digunakan,” kata Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan, di Jakarta, Kamis (30/8/2018).
 
Kerangka jembatan yang terpasang kurang lebih 72 meter dengan tinggi 13 meter. Pengerjaan pembobokan dan pengecoran Jalan Jati Baru kini sudah sampai pada bagian tengah, dengan diberi tanda B12. Sementara di sisi timur diberi tanda B3 dan sisi barat diberi tanda B8.

“Untuk pengerjaan struktur bawah zona A sudah 100 persen selesai dikerjakan, dan sekarang pengerjaan struktur atas meliputi pemasangan rangka baja dan pemasangan plat beton,” ucapnya.

Sejumlah petugas masih melakukan pengelasan JPM Tanah Abang. Selain itu, sebuah crane terlihat mengangkut rangka-rangka tersebut untuk kemudian dipasangkan sesuai desain konstruksi. Pengerjaan juga dilakukan di bawah rangka-rangka baja itu. Petugas tampak sibuk mondar-mandir keluar masuk lokasi pengerjaan yang ditutup seng.

“Sejauh ini belum ada keluhan dari warga ataupun pedagang terkait pembangunan JPM ini,” ujar Yoory.

Material kerangka pembangunan JPM Tanah Abang sudah 80 persen dikerjakan di dua pabrik di Tangerang, yaitu PT Nikko Steel yang terletak di Jalan Panongan Nomor 3, dan; PT Spanbentondek Admara yang beralamat di Jalan Raya Serang. Pengerjaan kerangkan jembatan tersebut menggunakan sistem knock down.

“Kerangka dan struktur baja dapat dibongkar pasang di lokasi proyek, sehingga diusahakan tidak menganggu aktivitas masyarakat,” kata dia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/news/read/230733/pembangunan-sky-bridge-tanah-abang-diprediksi-rampung-sesuai-jadwal

No comments:

Post a Comment