Pages

Saturday, August 18, 2018

Penonton Tak Sabar Nantikan Megahnya Upacara Pembukaan Asian Games

BEKASI, iNews.id – Upacara pembukaan Asian Games 2018 akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018), pukul 19.00 WIB. Meski begitu, para penonton yang sudah mendapat tiket, datang ke lokasi sejak sore karena tak sabar melihat kemegahan pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Salah satunya Yuda, yang sudah datang ke SUGBK sejak 15.00 WIB. Dia mengaku tak ingin melewatkan prosesi acara dari awal hingga akhir, karena penasaran dengan kecanggihan dan gemerlapnya upacara pembukaan Asian Games, yang digemborkan oleh media sosial.

“Saya sengaja berangkat lebih awal agar tak terjebak macet dan antrean panjang. Saya tak tahu kapan Indonesia bisa menjadi tuan rumah seperti ini lagi. Untuk itu saya memutuskan melihatnya langsung di SUGBK ketimbang dari layar televisi. Ditambah ada sepupu saya yang terpilih menjadi salah satu penari di upacara nanti,” katanya.

Yuda juga mengaku sangat mudah mendapatkan tiket masuk yang sudah disediakan penyelenggara. Pria berusia 23 tahun itu menilai bangsa Indonesia sudah pantas menyelenggarakan event sebesar ini.

“Semua lancar, ikut pemeriksaan tidak ribet. Di tiket juga tertera pintu mana yang saya gunakan. Kalau bingung, sudah banyak voulenteer yang bisa memberitahu saya,” ujarnya.

Kemegahan acara ini sudah terlihat dari ukuran panggung yang luar biasa. Panggung megah yang akan digunakan memiliki berat total 600 ton dan ukuran panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter dan akan menjadi panggung terbesar dan tertinggi sepanjang sejarah Asian Games. 

Upacara pembukaan akan mengusung konsep alam dan keragaman budaya Tanah Air. Penampakan gunung yang indah dengan 12.775 tanaman dan bunga menghiasi area seluas 1.350 meter persegi.

Selain itu, akan ada guyuran dari air terjun yang menggunakan 140.000 liter air melengkapi bentangan rumput hijau sepanjang 3.000 meter persegi. Konsep itu diperkuat dengan teknologi proyektor dan pencahayaan serba canggih.

Terowongaan tersembunyi sepanjang kurang lebih 50 meter dibuat untuk memudahkan para pengisi acara agar leluasa melakukan pergerakan  di seluruh area panggung. Semua elemen penyokong kemegahan panggung Asian Games ke-18 ini merupakan hasil karya 350 anak bangsa selama tiga bulan.

Editor : Haryo Jati Waseso

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/sport/read/218565/penonton-tak-sabar-nantikan-megahnya-upacara-pembukaan-asian-games

No comments:

Post a Comment