Pages

Saturday, August 18, 2018

Sosok Siman Sudartawa, Pembawa Bendera Indonesia di Asian Games

JAKARTA, iNews.id - Perenang I Gede Siman Sudartawa terpilih sebagai pembawa bendera kontingen Indonesia pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8/2018). Siman merupakan salah satu perenang terbaik di Tanah Air.

Siman tak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas kepercayaan yang diberikan. Apalagi, pembukaan ini berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, sehingga nuansa euforia lebih dirasakannya.

“Tentu saya bangga, apalagi kita tuan rumah. Saya lebih dapat suasana kemeriahan itu karena kemarin Indonesia merayakan kemerdekaan,” ujar Siman. Dia mengaku dihubungi oleh Chef de Mission (CdM) tim Indonesia Komjen Pol Syafruddin terkait posisinya sebagai pembawa bendera Indonesia.

Namun, perenang asal Bali itu mengaku tidak bisa mengikuti upacara pembukaan hingga selesai. Siman menegaskan dirinya harus mempersiapkan diri, karena akan memulai perlombaan renang, Minggu (19/8/2018).

“Saya mungkin akan menonton sebentar, setelah itu kembali ke hotel. Saya menginap di hotel di dekat GBK dan tidak di wisma atlet karena harus bertanding besok. Saya butuh istirahat cukup,” ujar spesialisas gaya punggung tersebut.

Siman merupakan andalan baru Indonesia di dunia renang, setalah era Richard Sam Bera. Pada ajang Sea Games, perenang berusia 23 tahun itu telah menorehkan tinta emas dengan raihan 8 emas secara keseluruhan di 3 gelaran yang diikutinya  (2011, 2013 dan 2017).

Pada ajang 2011 dia memecahkan dua rekor Sea Games, di nomor 100 meter gaya punggung putra dengan torehan waktu 55,59 detik dan di nomor 4x100 meter estafaet gaya ganti beregu putra dengan Indra Gunawan, Glenn Victor Sutanti dan Triady Fauzi.

Pada ajang Sea Games 2017, dia kembali memecahkan rekor gaya punggung 50 meter putra, yang merupakan spesialisasinya, dengan raihan waktu 25,20 detik. Namun di Asian Games, perenang kelahiran Klungkung itu masih belum mampu meraih medali.

Pada Asian Games Guangzhou 2010, Siman gagal lolos pada persaingan 50 meter gaya punggung, setelah hanya berada di posisi ke-10 babak penyisihan. Sedangkan, pada gelaran 2014 di Incheon, Siman hanya menduduki peringkat keempat di nomor spesialisasinya tersebut.

Editor : Haryo Jati Waseso

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/sport/read/218513/sosok-siman-sudartawa-pembawa-bendera-indonesia-di-asian-games

No comments:

Post a Comment