Pages

Tuesday, June 11, 2019

Tak Sepakat dengan Sri Mulyani, DPR Nilai Perang Dagang Positif bagi RI

JAKARTA, iNews.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menganggap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak dapat memanfaatkan dengan baik peluang dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China yang berlangsung sejak tahun kemarin. Padahal, potensi perang dagang tersebut bisa menjadi peluang untuk memperbaiki kinerja industri manufaktur nasional.

Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Bambang Haryo mengatakan, selama ini Sri Mulyani selalu menyampaikan dampak negatif dari perang dagang ke perekonomian Indonesia. Menurut dia, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

"Apa yg dikatakan Menkeu tidak benar. Sama dengan pembohongan masyarakat, hoax. Kami mohon diluruskan," ujarnya saat Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Perang dagang ini seharusnya bisa dimanfaatkan Indonesia untuk meningkatkan industri manufaktur dalam negeri yang selama ini kurang. Namun, peluang tersebut justru dicuri oleh negara tetangga.

"Banyak industri manufaktur banyak ekspor dari China pada pindah ke Vietnam, pindah ke Kamboja, pindah ke Malaysia dan seharusnya Indonesia bisa mendapatkan satu kesempatan," ucapnya.

Seperti diketahui, dalam perang dagang ini baik AS maupun China saling menaikkan tarif barang impor dari 10 persen menjadi 25 persen. Hal ini bisa dimanfaatkan negara lain untuk menjadi alternatif tujuan ekspor China karena tidak terdampak kenaikan tarif.

"Perkembangan Vietnam di Kuartal I 2019 untuk industri meningkat menguat 86 persen dan 50 persen di antaranya berasal dari China," kata dia.

Sementara, tingkat ekspor Indonesia terhadap China justru hanya 27,13 miliar dolar AS selama tahun lalu. Angka tersebut menurun dari tingkat ekspor tahun 2012 yang sebesar 18,4 miliar AS.

"Berarti China dikorbankan AS masih mempunyai suatu pasar yang bagus untuk Indonesia. Jadi kami tidak dengan sepakat yang disampaikan Menkeu atau Menko Perekonomian," tutur dia.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/makro/tak-sepakat-dengan-sri-mulyani-dpr-nilai-perang-dagang-positif-bagi-ri/566405

No comments:

Post a Comment