Pages

Friday, August 31, 2018

Industri 4.0, Pan Brothers Pastikan Tak Pangkas Tenaga Kerja

BOYOLALI, iNews.id - PT Pan Brothers Tbk (IDX:PBRX) memastikan penerapan Revolusi Industri 4.0 tidak akan mengurangi jumlah tenaga kerja. Pasalnya, meski menerapkan automatisasi di pabriknya, tenaga kerja digeser ke pekerjaan lainnya.

Human Resources Management General Manager PBRX Nurdin Setiawan mengatakan, penerapan revolusi industri 4.0 ini berfokus pada peningkatan produksi perusahaan. Salah satunya dengan melakukan automasi untuk produksi komponennya.

Sementara, pekerja yang tadinya bertugas di divisi tersebut dialihkan ke pekerjaan lain seperti bagian perakitan produk (assembly). Pasalnya, dengan adanya automasi di bagian pabrik dapat meningkatkan jumlah produksi yang juga harus dicek oleh tenaga manusia.

"Jadi penerapan revolusi industri 4.0 tidak berpengaruh terhadap pengurangan tenaga kerja," ujarnya di kantornya, Jawa Tengah, Jumat (31/8/2018).

Ia melanjutkan, pekerja di bagian assembly dibagi menjadi dua shift karena peningkatan produksi yang juga naik dua kali lipatnya. "Artinya kalau satu shift kita punya satu output, berarti kalau dua shift menjadi dua kali output," kata dia.

Dengan demikian, meski menerapkan automasi dalam produksinya, PBRX justru dapat menambah produksi hingga dua kali lebih banyak tapi juga tetap memanfaatkan pekerjanya. Hal ini merupakan bentuk efisiensi mengingat pihaknya tidak perlu menambah pabrik baru untuk meningkatkan produksi.

"Artinya orang tidak kita kurangkan tapi bagaimana produksi kita bisa berkali lipat sehingga dengan kapasitas sekarang 90 juta pieces per tahun itu tanpa harus menambah factory baru itu kita bisa meningkatkan output," ucapnya.

Hal ini dilakukan karena PBRX memiliki karakter pabrik labour intensive di mana perusahaan memerlukan banyak karyawan. Bahkan katanya, saat ini pihaknya kesulitan mendapatkan karyawan.

"Sementara kita sekarang ini mulai kesulitan untuk mendapatkan karyawan. Untuk Jateng (Jawa Tengah) aja saat ini dari target kami 31.000 pekerja ini baru terpenuhi 28.000 yang sekarang ini," tuturnya.

Adapun untuk total keseluruhan pekerja di seluruh Indonesia sebesar 37.000 orang yang berasal dari Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Barat.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)

https://www.inews.id/finance/read/232289/industri-4-0-pan-brothers-pastikan-tak-pangkas-tenaga-kerja

No comments:

Post a Comment